Crystalangra. Diberdayakan oleh Blogger.
Tagged under: , , , , , , , ,

Meditasi : Pengertian general


Kali ini saya akan membahas "meditasi" karena tergelitik dari status FB seorang sahabat saya yang membahas meditasi. Banyak yang berusaha "memaksa" menggabungkan antara meditasi dengan ibadah-ibadah dalam agamanya masing-masing. Disitu letak permasalahannya, sebelumnya akan kita bahas secara garis besar "root" nya dulu. Harus diperhatikan bahwa meditasi lahir dari spiritualitas, bukan agama. 
dimana perbedaan agama dan spiritualitas?

agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Sedangkan, spiritualitas diarahkan kepada pengalaman subjektif dari apa yang relevan secara eksistensial untuk manusia. Spiritualitas tidak hanya memperhatikan apakah hidup itu berharga, namun juga fokus pada mengapa hidup berharga.

itulah bedanya agama dan spiritual, agama itu ada pakem-pakem dan aturan menurut nganu nganunya, kalau spiritual itu apapun yang membuat kita "sadar" atas eksistensi dan esensi diri kepada pencipta. Dari sini bisa dipahami bahwa meditasi bisa dilakukan APAPUN agama anda.

kalau digabungkan nanti akan menjadi aliran "kiri", contoh : segala tradisi mistisme dalam setiap agama. dan memang tidak bisa 100% menyatu antara spiritualitas dengan agama, karena itu banyak istilah-istilah yang dipaksakan.

NEXT, masuk ke inti pembahasan yaitu MEDITASI
meditasi itu menggunakan sarana gelombang otak, yang kemudian mempengaruhi sirkulasi gelombang energy tubuh.
bagaimana cara kerjanya? begini simplenya, Sumber picu > Mediator picu > Terpicu :

1. Suara mulut > gelombang otak > gelombang energy tubuh
2. Musik/alunan suara > gelombang otak > gelombang energy tubuh
3. Wangi-wangian > gelombang otak > gelombang energy tubuh
4. Alur nafas > gelombang otak > gelombang energy tubuh

Tambahan (pengaruhnya hanya 50:50, kecuali ingin dicapai efek-efek tertentu) :
5. Posisi
6. Afirmasi (BUKAN mantra, nanti akan saya jelaskan dibawah)

Nah, apabila anda menggunakan salah satu dari 6 cara diatas itu sudah bisa disebut meditasi, namun banyak orang yang ingin menggunakan semuanya dalam satu sesi, dan itu lebih baik lagi.

Fungsi meditasi apa sih?
Secara "default" fungsi dari meditasi adalah melancarkan sirkulasi energy tubuh dan mempercepat regenerasi tubuh apabila ada sel-sel yang rusak atau perlu di regenerasi. 
kok bisa?? 

jadi begini masbro, ketika anda bermeditasi, maka energy anda akan mengikuti frekuensi 0, yang saya sebut frekuensi 0 adalah frekuensinya "ruh", ruh disini adalah energy inti atom, tanaman punya ruh, hewan punya ruh, angin punya ruh, pasir punya ruh, kayu meja dirumah anda pun punya, energy inti atom adalah hal paling basic dalam eksistensi alam semesta. NAH, anda tahu kan bahwa manusia terdiri dari 5 elemen? tanah, air, api, angin, cahaya, dan semua elemen itu ada di alam semesta, ketika anda meditasi, otomatis anda mengkoneksi diri anda dengan semesta dan energy-energy "cacat" yang ada dalam diri anda akan tergantikan dengan energy alam semesta ini, itulah yang menjadikan regenerasi tubuh menjadi lebih cepat.

naaah, disini kita masuk ke fungsi dari posisi dan afirmasi
Posisi, itu menentukan ARAH sirkulasi energy tubuh anda. secara "default" sirkulasi energy akan berjalan dari ubun-ubun, lalu turun kebawah hingga kaki, NAMUN apabila anda ingin menfokuskan regenerasi atau pertumbuhan energy hanya pada titik-titik (cakra) tertentu maka digunakanlah posisi-posisi ini. Saya tidak akan menjelaskan secara detail apa saja posisi-posisinya, itu sudah banyak di internet anda bisa googling sendiri, jadi disini saya hanya menjelaskan secara general. tetapi intinya adalah, anda melakukan gerakan atau posisi-posisi yang membuat anda rileks dan tanpa beban/tidak capek.

Afirmasi, afirmasi dalam hal ini adalah "niatan" anda, apa yang ingin anda capai dalam suatu sesi meditasi, afirmasi dalam hal ini BERBEDA dengan mantra, bedanya dimana bang?? bedanya, mantra digunakan untuk memproduksi frekuensi suara, misalkan "OM", cara menyebutnya pun tidak asal "om..telolet om", bukaaan.. tapi ada tekanan-tekanan dan artikulasi tertentunya, silakan anda googling atau cek youtube kalau penasaran.

Meditasi selain memiliki fungsi medis tentu juga memiliki fungsi spiritual, yaitu bangkitnya kesadaran akan penyatuan dengan alam, hal ini disebabkan karena bersatunya gelombang tubuh si manusia dengan gelombang "lalu lintas" energy alam sekitarnya. KHUSUS untuk para meditator yang sudah pro, bahkan bisa mengakses energy-energy yang letaknya jauh, misal mengakses energy bulan tanpa harus meditasi dibawah purnama, dan sebagainya.

Buat apa sih meditasi mengakses hal-hal khusus seperti itu??
Meditasi itu kondisi dimana anda ikut membangun energy dalam diri anda, jadi buat yang sudah paham energy-energy yang ada di alam bisa dikondisikan ketika meditasi mengakses hal tersebut. contoh?? wah kalau kasih contoh berarti kasih bocoran dong.. okelah-okelah bro, begini, misal anda meditasi mengakses energy bulan purnama disertai afirmasi membangkitkan energy "love attraction", maka secara otomatis perilaku energy dalam tubuh anda akan berubah dan memproduksi energy love attraction tersebut. Daya tahan energy tersebut bervariasi, apabila fokusnya bagus ya bisa 3-7 hari, apabila fokus kurang bagus ya 1-3 hari. Ingat kembali disini kita membahas meditasi dalam ranah manusia "normal" ya, bukan dalam ranah "paranormal", itu nanti aja di artikel yang lain..hehe..

Secara psikis, meditasi akan membuat alam bawah sadar pelakunya lebih peka terhadap lingkungannya, menumbuhkan rasa simpati dan empati, dan bahkan seringkali rasa tersebut tidak dipahami oleh orang-orang sekitarnya. Contoh : ada maling dikeroyok massa sampai mati. Disaat orang lain bersyukur, dia biasanya justru akan kasihan dan iba, karena dia paham bahwa maling tersebut aslinya hanya orang biasa yang keluarganya butuh makan dan anaknya butuh sekolah. Naaah... hal-hal seperti ini yang terkadang tidak bisa dimengerti oleh orang-orang lain.

Nah... balik lagi kepada pertanyaan paling sering ditanyakan, apakah meditasi itu dosa?
IYA, apabia anda meditasi sambil maling ayam, maka tidak hanya dosa, tapi juga kriminal.

sekian dulu ya mbakbro dan masbro, semoga membantu bagi yang masih bingung bagaimana meditasi bekerja.

Thank you crystalangrian~